Catat… 5 Tempat “Snorkeling” Paling Top di Pahawang!

Nama Pahawang mencuat di kalangan wisatawan, terutama di kalangan penggemar wisata bahari. Tahu sebabnya? Tak lain, penyebabnya adalah banyaknya spot atau lokasi snorkeling yang penuh terumbu karang dan ikan warna-warni.

Saat ini Pulau Pahawang memang menjadi salah satu weekend getaway yang terhitung baru untuk warga Jakarta. Berada di Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan, pulau ini punya banyak suguhan wisata bahari, mulai snorkeling sampai water sport lainnya.

“Pahawang mulai ramai wisatawan sejak sekitar 2011 lalu. Sekarang, kira-kira 550-800 orang datang tiap weekend,” tutur M Saiful Anwar, pemandu trip Pulau Pahawang kepada KompasTravel saat mengunjungi area-area snorkeling paling favorit wisatawan.

Ada empat pulau utama di lokasi tersebut, yaitu Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Kelagian Besar, dan Kelagian Kecil. Saiful atau akrab dipanggil Ipunk menyebutkan setidaknya ada 5 lokasi snorkeling paling populer di Pahawang dan sekitarnya. Berikut daftarnya:

 

1. Taman Nemo

Sesuai namanya, spot ini punya banyak anemon yang jadi habitat penangkaran ikan badut (clown fish). Ikan ini menjadi populer lewat film animasi Finding Nemo.

“Kebanyakan spot penyelaman di Pahawang memang sengaja dibuat. Beton-beton ditenggelamkan dan karang-karang dibudidayakan. Taman Nemo adalah salah satunya,” tutur Saiful.

2. Cukuh Bedil

Cukuh Bedil adalah lokasi snorkeling pertama yang KompasTravelkunjungi beberapa waktu lalu. Spot ini terletak di dekat Pulau Kelagian Kecil yang tak berpenghuni.

Di Cukuh Bedil, wisatawan bisa berfoto dengan papan beton bertuliskan ‘I Love Pahawang’. Papan beton ini tulisannya beragam, dan bisa ditemukan di tiap lokasi snorkeling.

3. Gosong Bakri & Gosong Galangan

Sesuai namanya, Gosong Bakri merupakan hamparan pasir putih di tengah laut yang muncul saat air surut. Di sekitar gosong ini terdapat tempat snorkeling dengan kawanan ikan clown fish dan berbagai jenis ikan warna-warni.

Pasir Timbul Pulau Pahawang

Picture 1 of 1

Jika air surut, wisatawan bisa menyeberang dari Pahawang Besar ke Pahawang Keil lewat pasir timbul. Pahawang terletak di Lampung.(KOMPAS.com/Sri Anindiati Nursastri)Jika air surut, wisatawan bisa menyeberang dari Pahawang Besar ke Pahawang Keil lewat pasir timbul. Pahawang terletak di Lampung.

4. Gosong Pancong

  1. Saat air laut surut wisatawan bisa menyeberang dari Pulau Pahawang Besar menuju Pahawang Kecil lewat hamparan pasir putih. Nah, inilah Gosong Pancong, yang juga menjadi lokasi foto paling ciamik di sini.

Bagi Anda yang tertarik, waktu terbaik mengunjungi Gosong Pancong adalah siang hari, sekitar pukul 11.00-13.00 WIB. Tempat snorkelingtersedia di sekitar ‘pasir timbul’ ini.

5. Kelagian Kecil

Kelagian Kecil adalah pulau tak berpenghuni di sebelah Kelagian Besar. Di pulau ini wisatawan bisa mencoba water sport seperti banana boatdan donut boat.

Di sekitar Pahawang Kecil yang berpasir putih itu pula terdapat beberapa area snorkeling berair jernih. Hanya, wisatawan harus berhati-hati, karena tak jauh dari pesisir terdapat palung yang cukup dalam. Snorkeling sebaiknya dilakukan hanya di sekitar pantai.

Nah, selamat berpetualang di Pahawang! 

sumber

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *